KONSERVASI FLORA FAUNA (KFF) KSB ATMA JAYA

Home  /  BSO Arwana  /  KONSERVASI FLORA FAUNA (KFF) KSB ATMA JAYA

KONSERVASI FLORA FAUNA (KFF) KSB ATMA JAYA

May 5, 2017No Comments

Hai teman-teman semuanya…

ARWANA mau cerita nih tentang acara KFF (Konservasi Flora Fauna) KSB Atma Jaya kemarin. Pada hari Jum’at, 28 April 2017, BSO ARWANA diundang ke dalam acara KFF untuk memaparkan hasil penelitian yang pernah kami lakukan selama kepengurusan ARWANA. Acara KFF ini merupakan salah satu rangkaian acara Dies Natalis KSB Atma Jaya yang diadakan dari hari Rabu, 26 April sampai hari Jum’at, 28 April 2017 yang bertempat di kampus II Thomas Aquinas Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Pada acara ini, KSB mengundang berbagai UKMF, BSO, Kelompok Studi, dan komunitas dari Universitas lain yang berkecimpung di berbagai bidang untuk memaparkan hasil penelitian mereka.

Dalam acara ini, ARWANA diwakili oleh 3 orang, yaitu Dian selaku Ketua ARWANA pada tahun 2014, Septi, dan Tsalis selaku Pengurus ARWANA 2017. Pada diskusi Insecta yang diadakan pada hari Jum’at ini, KSB Atma Jaya juga mengundang teman-teman dari KSE Biogama, Kinjeng Kampus UNY, Waterforum UAD, dan juga Biolaska UIN.

Diskusi Insekta ini dimulai sekitar pukul 10.15 WIB yang dibuka dengan pemaparan hasil penelitian insecta di Pulau Sempu oleh teman-teman Divisi Insecta KSB Atma Jaya. Kemudian dilajutkan dengan pemaparan hasil penelitian dari KSE Biogama, Kinjeng Kampus UNY, BSO ARWANA UNY, Waterforum UAD, dan Biolaska UIN. Dalam acara ini, Dian mewakili ARWANA untuk memaparkan berbagai penelitian skala kecil dan besar yang pernah dilakukan ARWANA. Mulai dari Kupu Kampus, penelitian di Suroloyo, Ekowisata Baros, Kebun Buah Mangunan, Candi Ijo, Girimulyo Kulon Progo, sampai penelitian kita yang di Nglanggeran, Merapi, dan juga Nusakambangan yang merupakan hibah dari Dikti.

 

Tak hanya ARWANA, pemaparan dari teman-teman komunitas yang lain pun tak kalah menariknya. Pemaparan pada diskusi ini mencakup hasil penelitian capung, kupu-kupu dan juga insekta lain. Diskusi dalam cara ini berlangsung cukup ramai. Setiap komunitas saling bertanya dan saling sharing-sharing ilmu kepada komunitas lain. Pada diskusi kali ini, KSE Biogama dan BSO ARWANA yang mendapat bnyak pertanyaan. KSE Biogama banyak sharing-sahring tentang pengamatan larva capung dan juga pemesanan insektarium mereka, sedangakan ARWANA lebih banyak sharing-sahring mengenai cara menangkap kupu-kupu dan juga cara mengembangkan penangkaran kupu-kupu (BS) yang ada di kampus UNY.

Setelah pemaparan hasil penelitian dan sikusi yang berlangsung cukup lama, acara inipun ditutup dengan sesi foto bersama dan saling tukar menukar nomor telefon dengan komunitas lain. Setelah itu, kami diarahkan menuju pameran foto dan juga insektarium yang ada di lobi gedung Thomas Aquinas Universitas atma Jaya. Dari kegiatan ini ARWANA mendapat ilmu baru, pengalaman baru dan juga teman baru. ^_^

 

-ARWANA Bangga karena Bersama!-

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 6 =


55 − = 48