EKSPLORE BSG 2017 GOA NDILEM DAN TRINTING

Home  /  BSO BSG  /  EKSPLORE BSG 2017 GOA NDILEM DAN TRINTING

EKSPLORE BSG 2017 GOA NDILEM DAN TRINTING

May 21, 2017No Comments

 

Gunung Kidul, 20-21 Mei 2017.

Kegiatan EKSPLORE yang diselenggarakan oleh BSG FMIPA UNY. Eksplore kali ini merupakan follow Up Kajian pada minggu sebelumnya yaitu tentang Arthropoda, eksokarst, kelelawar, dan mikroorganisme.

Goa pertama yang dikunjungi adalah goa Trinting. Sebelum masuk, rombongan dibagi menjadi 2 kelompok, satu kelompok membantu pengambilan data tentang mikroorganisme di tanah, satu kelompok lainnya membantu pengambilan data untuk arthropoda yaitu Collembola.

Pengambilan data mengenai mikroorganisme dilakukan dengan mengambil guano (kotoran kelelawar) pada permukaan tanah, alat yang digunakan harus dalam keadaan aseptik agar tidak terjadi kontaminasi.

pengambilan data mengenai Collembola dilakukan dengan membuat jebakan menggunakan flakon yang diisi dengan alkohol dan ditetesi 3 tetes gliserin kemudian ditanam di tanah sampai batasĀ  mulut botol dari flakon tersebut.

Malam harinya, makan malam dengan ikan bakar, sambal, tempe goreng, dan nasi hangat. Setelah makan malam, masing-masing kelompok menceritakan apa yang dilakukan di dalam gua sore tadi. Selesai diskusi, semua beristirahat karena besoknya pukul 03.00 akan melakukan pemasangan miss net di mulut goa Ndilem.

Pemasangan miss net yang dilakukan pada pukul 03.00 di Goa Ndilem saat kelelawar pulang kembali ke goa setelah malamnya mencari makanan. setelah berhasil melepaskan kelelawar dari miss net, kelelawar dimasukkan ke dalam kantong blacu kemudian diidentifikasi.

Eksplore gua yang kedua di goa ndilem dijelaskan pula cara penggunaan plankton net untuk kebutuhan pengambilan data penelitian.

Sekian cerita Eksplore kali ini. Mari lestarikan alam kita, salam lestari! salam Konservasi!!

Biospeleology Studien Gruppen! Studi! Konservasi! Lestari!

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 2 =


− 3 = 4