Bio Games and Study Laboratory 2017: Permainan dalam Sebuah Pembelajaran

 

 

 

Yogyakarta – Serangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)  Universitas Negeri Yogyakarta telah berhasil dilaksanakan dengan baik. Masih tergema semangat dalam meneriakkan yel-yel masing-masing selama dua hari di GOR UNY, serta segala kegiatan pengenalan kehidupan kampus di masing-masing fakultas pada dua hari berikutnya. Namun tidak hanya terbatas pada empat hari itu saja, masih ada lagi acara yang wajib di ikuti oleh seluruh mahasiswa baru jurusan pendidikan biologi fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (FMIPA) yaitu Bio Games and Study Laboratory (BGSL).

BGSL adalah rangkaian acara orientasi mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) berupa pengenalan tentang apa saja yang menjadi ruang lingkup Jurusan Pendidikan Biologi (Jurdikbio). Dalam kegiatan ini juga dikenalkan tentang studi lapangan dan juga laboratorium FMIPA khususnya yang akan digunakan oleh para mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi dalam proses praktikum kedepannya. Alur kegiatan BGSL ini diadakan secara terpisah, dimulai dari kuantum (kumpul perdana tunas muda), jarum (jelajah laboratoruim), dan diakhiri dengan apikal (puncak acara) BGSL.

Rangkaian acara yang pertama yaitu kuantum yang diselenggarakan pada tgl 28 Agustus. Dalam acara ini mahasiswa dikenalkan secara singkat tentang jurusan Pendidikan Biologi, susunan kepanitian, himabio, Badan Semi Otonom dan Kelompok Studi (BSO-KS) serta pembagian kelompok bgsl serta pengenalan pemandu disetiap kelompoknya.

Pada tanggal 29 Agustus mahasiswa Jurdikbio mengikuti jelajah laboratorium (jarum), namun banyak mahasiswa jalur SBMPTN yang belum bisa mengikuti kegiatan ini dari awal dikarenakan jadwal ini bertabrakan dengan softskill dari universitas, sehingga mereka hanya bisa mengikuti akhir acara dan disediakan tambahan waktu sedikit untuk keliling laboratorium.

Akhirnya tiba pada puncak acara yaitu apikal bgsl, yang digelar pada 16-17 Agustus. Acara yang diadakan di Sinolewah, Kaliurang selama dua hari satu malam ini terdiri dari studi lapangan di hari pertama, dan outbound di hari kedua. Pada hari pertama, mahasiswa melakukan mengamatan di plot masing-masing sesuai dengan kelompok Biologi Dasar pada masing-masing kelas selama kurang lebih tiga jam. Setelah itu mereka dikumpulkan perkelompok untuk mengikuti games dari ba’da dhuhur hingga menjelang magrib. Hari pertama di Sinolewah ini diakhiri dengan pertunjukan drama dari masing-masing kelas serta ditutup dengan unjuk kebolehan dari panitia BGSL.

Hari kedua sekaligus terakhir di Sinolewah beragendakan outbound yang terdiri dari sembilan pos dengan tracking yang seru. Masing-masing pos diisi oleh BSO-KS yang ada di jurdik bio. Disetiap pos masing-masing kelompok harus menyelesaikan games-games yang ada. Kegiatan BGSL ini akhirnya ditutup dengan sepatah dua patah kata dari ketua Hima dan ketua panitia. Yang mengharukan adalah penutup dari ketua panitia, Arma Abdul Malik. “terimakasih kepada kalian semua, sehingga acara ini bisa sukses terlaksana” ungkapnya dengan meneteskan air mata, mengundang tetesan air mata lain dari para panitia dan peserta. Namun suasana mengharu biru itu tidak pertahan lama karena penutupan selanjutnya adalah pemutaran video dari Hima dan video yang berisi tentang foto-foto para peserta BGSL pada setiap rangkaian acara yang membuat para peserta tertawa riang menertawakan foto-foto aib mereka.

 

By: Annisa Fitriahanani

Print Friendly, PDF & Email

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 2 =


+ 80 = 89