HIMABIO DIARIES: TAO (TRAINING AWAL ORGANISASI) 2018

Training Awal Organisasi atau selanjutnya disingkat TAO, merupakan pelatihan awal sekaligus pelantikan bagi para pengurus HIMABIO FMIPA UNY 2018. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari jumat hingga minggu tanggal 16-18 Februari 2018 yang berlokasi di Kecamatan Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Training ini ditujukan kepada pengurus HIMABIO FMIPA UNY 2018 agar lebih menyiapkan diri dalam melaksanakan program kerja sesuai visi dan misi HIMABIO FMIPA UNY 2018 serta dapat berorganisasi dengan baik selama satu periode kepengurusan.

Kegiatan selama tiga hari dua malam tersebut diisi dengan berbagai macam agenda. Untuk hari pertama diisi dengan materi yang sangat luar biasa yang disampaikan oleh mas Andi Prasetyo yang mengambil judul “Aktivis Berprestasi”. Dari pemaparan materi tersebut dapat mengubah pola pikir, bahwa seorang aktivis juga dapat membuahkan prestasi lewat karya-karyanya. Keberhasilan seorang aktivis tersebut juga tidak telepas dari adanya manajemen waktu yang baik antara studi perkuliahannya dengan organisasi. Materi yang kedua yaitu “Personality dalam Organisasi” yang disampaikan oleh mas Ihsan Adi Pratama

Puncak dari kegiatan TAO bagi pengurus HIMABIO FMIPA UNY 2018 adalah pelantikan pengurus baru yang dilaksanakan pada hari kedua waktu dini hari, yaitu sekitar pukul 02:00. Pelantikan tidak berjalan begitu saja dengan adanya upacara, namun pada pelantikan ini para pengurus dibagi sesuai amanah yang telah diberikan dengan mengucap visi, misi, serta arahan kerja sesuai amanahnya tersebut. Belum berakhir, setelah pengucapan visi, misi, serta arahan kerja tersebut, calon pengurus baru HIMABIO diberikan amanah untuk mencari sebuah lambang yang wajib ada saat pelantikan. Setelah beberapa menit mencari, akhirnya sebuah bendera yang bergambarkan lambang HIMABIO tersebut berhasil ditemukan, sehingga acara pelantikanpun dapat berjalan. Dengan menyanyikan lagu mars HIMABIO, pengucapan janji bagi para pengurus baru,  serta penyematan pin logo HIMABIO, dengan ini hari sabtu tanggal 17 Februari 2018 kami telah resmi menjadi pengurus HIMABIO FMIPA UNY 2018.

Dihari yang sama setelah pelantikan berlalu, agenda yang dilaksanakan adalah games. Games yang dilakukan ini bertujuan agar semakin mempererat persaudaraan dan kekompakan antar anggota pengurus HIMABIO. Games ini berlangsung cukup lama dan hampir memakan waktu satu hari perjalanan, karena terdiri dari 5 pos, yang harus kami lalui. Setiap pos berisi dengan permainan dan tantangan yang menarik dan membuat kami senang. Setelah melaksanakan games, kami pun diberi materi kembali. Materi yang berjudul “Empowering Organization” di sampaikan sangat menarik dan komunikatif , karena si pembicara merupakan orang yang telah berkeliling dunia karena prestasi dan organisasinya, sehingga membuat kami semakin semangat dan tidak ragu lagi dalam mengemban amanah sebagai pengurus HIMABIO FMIPA UNY 2018. Pada malam harinya dilaksanakan pentas seni bagi masing-masing kelompok yang telah dibagi dan dipersiapkan di jauh hari sebelumnya. Pentas seni ini sangat menyenangkan dan membuat rasa capai kami hilang seketika, karena canda tawa yang kami rasakan malam itu.

Hari terakhir dalam rangkaian acara Training Awal Organisasi ini adalah outbound. Sebelum outbound dimulai kami mempersiapkan diri dengan senam bersama dan pemberian sedikit materi tentang outbound yang akan dilaksanakan oleh bapak Rio Christy Handziko. Beliau ini sendiri merupakan salah satu dari Pembina Himabio yang sangat dekat dengan para pengurus Himabio. Tentu saja, meskipun berstatus sebagai dosen Jurdik Biologi, namun bapak dosen yang akrab disapa pak Rio ini terkenal ramah dan supel dengan mahasiswanya. Beliau menjelaskan bahwa dahulu outbound berasal dari kata Outward Bound yang dahulu digunakan sebagai training manajemen bagi para awak kapal sehingga terjalin kekompakan dan solidaritas antar awak kapal.

Meskipun kata Outbound ini sendiri telah jauh berubah dari makna aslinya – Outbound ini sendiri bagi masyarakat Indonesia menjadi suatu sarana berekreasi dengan melewati rintangan, atau berhubungan dengan Flying Fox. Bahkan kata outbound ini diserap oleh Bahasa Indonesia menjadi Outbond saja – Namun tetap saja tujuannya sama, yaitu mematangkan diri dan menggali potensi-potensi yang tertimbun dalam tiap individu yang sangat dibutuhkan dalam suatu organisasi atau kerjasama kelompok dengan melewati suatu rintangan atau tantangan. Oleh karena itu kegiatan TAO ini sendiri tidak lepas dari Outbound.

Setelah outbound selesai kami laksanakan, acara selanjutnya adalah inagurasi yang diisi dengan penampilan video kegiatan selama tiga hari ini dan pemberian juara malam pentas seni dengan sangat meriah. Tidak lupa pula memberikan penghargaan kepada peserta TAO yang aktif dan juga Heboh. Pada akhirnya acara training ini ditutup dan dengan penuh harapan untuk kedepannya bagi para pengurus HIMABIO FMIPA UNY 2018 memiliki karakter yang tangguh, cerdas, tangkap, disiplin, mengemban amanah dengan baik dan bertanggung jawab serta sifat-sifat lain yang sangat dibutuhkan dalam menjalankan suatu organisasi – tidak hanya mampu menjadi pemimpin, namun juga kompeten menjadi manusia yang dapat dipimpin – sehingga dapat terjalin solidaritas antar pengurus HIMABIO FMIPA UNY 2018.

Print Friendly, PDF & Email

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 1 =


56 − 53 =