Studium Generale Ada Apa Dengan Capung? #2

Sabtu, 24 Februari 2018 di ruang D03.104 gedung kuliah FMIPA UNY telah terselenggara Studium Generale dari Kelompok Studi Odonata. Acara tersebut dibersama oleh pembicara-pembicara yang luar biasa serta dihadiri oleh beberapa peserta yang berasal dari luar Yogyoakarta. Pembicara pertama yaitu Mas Joko Setiyono. Sosok yang tidak asing untuk teman-teman komunitas percapungan di Yogyakarta. Beliau memiliki banyak pengalaman menakjubkan di lapangan. Mas Joko dan tim adalah orang-orang hebat yang telah merelakan waktu dan tenaganya untuk meyusun buku Dragonflies of Yogyakarta. Buku tersebut dapat menjadi referensi yang sangat bagus untuk teman-teman komunitas capung mendongeng dan bercerita.

Materi yang dibawakan Mas Joko adalah pengenalan capung. Tujuan diadakannya Studium Generale sendiri adalah untuk mengenalkan Odonata dan habitatnya kepada teman-teman mahasiswa baru Jurdik Biologi FMIPA UNY 2017 dan 2016. Pembawaan Mas Joko yang santai dan lucu serta cara penyampaian materi yang sistematis, dapat membuat teman-teman yang datang dibukakan mata, hati , dan pikirannya. Bahwa pada hakekatnya, capung memiliki peran dan fungsi yang luar biasa. Lebih dari itu, mereka juga dapat dijadikan sumber belajar dan sumber-sumber inspirasi.

Materi kedua yang dibawakan oleh mba Amelia Nugraha Ningrum. Beliau merupakan mahasiswa Biologi UGM yang sudah terbang kesana kemari dalam dan luar negeri karena Odonata. Beliau berbagi cerita tentang bagaimana penelitian di luar negeri tentang Odonata. Ternyata Mereka di luar negeri sana, telah melakukan penelitian sampai sedetail itu, rasa penasaran mereka sampai sebegitunya. Hal tersebut menjadi peluang untuk kita, mahasiswa: peneliti-peneliti muda yang ingin menemukan jawaban dari rasa-rasa penasaran.

Kita: masyarakat Indonesia sudah sepatutnya bangga dengan anugerah yang Tuhan berikan. Keaneakaragaman yang ada, flora serta faunanya seharusnya menjadikan kita sebagai manusia yang pandai bersyukur. Hakekat manusia untuk menjaga bumi dan isinya, selalu berupaya untuk kelestarian mereka.

Print Friendly, PDF & Email

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 6 =


6 + 2 =