FOSBIC (Forum Study Biology Club)

Pada tanggal 6 april 2017, HIMABIO FMIPA UNY telah melaksanakan salah satu program kerjanya yaitu FOSBIC. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan KS, BSO, KPB Bionic, dan perwakilan kelas mahasiswa jurdik biologi angkatan 2015, 2016, dan 2017. Sebenarnya apa sih FOSBIC itu? FOSBIC adalah Forum Studi Biology Club. FOSBIC seringkali diartikan sebagai forumnya anak biologi dalam belajar. Tidak hanya belajar, FOSBIC juga diharapkan dapat menyatukan kekeluargaan antar mahasiswa biologi.

FOSBIC pertama kali dilaksanakan pada tahun 2017. Kegiatan ini sebagai forum diskusi Mahasiswa Jurdik Biologi FMIPA UNY untuk mengetahui lebih dalam mengenahi perngetahuan melalui KS, BSO, dan KPB. Tujuan utama dari FOSBIC adalah sebagai sarana untu mewadahi mahasiswa Jurddik Biologi FMIPA UNY untuk berdiskusi tentang pengetahuan biologi. FOSBIC juga banyak memiliki manfaat antara lain untuk menambah wawasan Mahasiswa Jurdik Biologi di bidang keilmuannya serta mempererat kekeluargaan.

Pada saat pertama kali didirikan (2017) FOSBIC lebih terfokus untuk perancangan buku oleh KS. BSO, dan KPB Bionic. Hasil dari FOSBIC tahun lalu adalah terbitnya buku-buku yang bisa kita baca sekarang. Untuk tahun 2018, fosbic kali ini lebih mengedepankan KS, BSO, dan KPB  Bionic untuk sharing bidang keilmuannya seperti presentasi penelitian ataupun kegiatan. Rencananya fosbic akan dilaksanakan 6 kali dalam satu tahun.

Pada Jumat 6 April 2018 lalu, FOSBIC#1 tahun ini telah dilaksanakan dan dihadiri oleh 40-han mahasiswa. Pertemuan tersebut diisi oleh 2 perwakilan dari KS yaitu Odonata dan Herbiforus. Di kesempatan tersebut,  KS Odonata menyampaikan berbagai pengamatannya tentang capung, dimana habitat capung, perilaku unic capung, jenis-jenis capung yang dijumpai dan ciri-cirinya, serta fakta-fakta unik tentang capung. KS Herbiforus tak kalah menarik dalam menyampaikan  materi. Dengan mengambil penelitian tentang mangrove, audiens diajak untuk berpikir bagaimana memanfaatkan mangrove dengan bijak dan mengelolanya. Tak hanya itu, pemateri juga memaparkan beberapa contoh cara pengolahaan bakau untuk keperluan hidup manusia dan alam.

Nah, dari uraian diatas kita tahu bahwa FOSBIC adalah tempat yang pas bagi kita mahasiswa biologi untuk belajar. Jadi, tunggu apalagi? Yuk ikut FOSBIC di pertemuan berikutnya dan dengan materi-materi yang menarik lainnya.

Print Friendly, PDF & Email

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 8 =


28 + = 32