PEREKRUTAN ANGGOTA MUDA ARWANA PERANG MUDA ARWANA

Perekrutan Anggota Muda Arwana atau biasa dikenal dengan “PERANG” adalah kegiatan rutin yang dilakukan setiap setahun sekali untuk merekrut serta melantik anggota baru BSO ARWANA. Tahun ini PERANG dilaksanakan pada 30-31 Maret 2018 di daerah Desa Wisata Jatimulyo di kawasan Perbukitan Menoreh.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan melakukan TM(Technical Meeting) atau temu perdana yang diikuti oleh50 peserta. TM dilaksanakan pada 23 Maret 2018 di ruang PPG 2 gedung Laboratorium Biologi FMIPA UNY. Kegaiatan ini diisi dengan pemberian materi mengenai kupu-kupu dan kuliah lapangan oleh Mas Nanang Kamaludin dari Haliaster UNDIP. Pada kegiatan kuliah lapangan peserta diajarkan serta mempraktikkan cara memasang insetc netatau jaring serangga serta cara menangkap kupu-kupu saat pengamatan lapangan.

Setelah melakukan TM, kegiatan berikutnya ialah perekrutan serta pelantikan peserta (PERANG) yang dimulai pada 30 Maret 2018.  Peserta berangkat dari kampus menuju tempat rumah Pak Suisnu atau lebih dikenal dengan Pak Gasuk. Di rumah Pak Gasuk itu lah para peserta akan menginap selama dua hari satu malam. Kegiatan pada hari pertama, 30 Maret 2018, ialah penangkapan kupu-kupuKegiatan ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi jenis-jenis kupu-kupu yang ada di kawasan Desa Jatimulyo serta memperaktikkan ilmu yang didapat dari kegiatan kuliah lapanganketika temu perdana.

Sejumlah 17 spesies kupu-kupu yang ditemukan di tiga titik Desa Wisata Jatimulyo. Kupu-kupu yang diperoleh tersebut kemudian diidentifikasi dan diskusikan bersama selanjutnya dipresentasikan oleh peserta yang telah dibagi menjadi beberapa kelompok. Malam harinya peserta diberikan materi tentang survival dilanjutkan dengan perkenalan dari pengurus ARWANA 2018.

Kegiatan pelantikan dilakukan di Perbukitan Menoreh dimulai sejak pukul 03.00 WIB. Kegiatan diawali dengantracking menuju puncak bukit dengan melalui empat pos. Pos pertama adalah pos keyakinan yang dipegang oleh Divisi TumbuhanPos kedua adalah pos pengetahuan yang dipegang oleh Divisi Pemberdayaan Anggota (PA). Pos ketiga adalah pos survival yang dipegang oleh Divisi HewanPos keempat atau pos terakhir adalah pos komitmen yang dipegang oleh pengurus inti (PI)Di pos terakhir yang berada di puncak bukit ini, peserta dipandu untuk mengucapkanikrar dan pemasangan slayer. Dengan mengucapkan ikrar serta pemasangan slayer, secara resmi para peserta PERANG telah menjadi anggota BSO ARWANA.

Salam Lestari, Salam Konservasi…

Print Friendly, PDF & Email

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 2 =


− 7 = 1