BGSL 2018 : AJANG PERKENALAN MABA JURDIK BIO 2018

Desa Wisata Tinalah, Samigaluh, Kulonprogo, DIY

15 – 16 September 2018

Salah satu bidang di Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY, yaitu  Bidang Kaderisasi dan Pengembangan Organisasi (BKPO) kembali melaksanakan Bio Games and Study Laboratory 2018 di Desa Wisata Tinalah, Samigaluh, Kuloprogo dengan mengusung tema “Showing up our biodiversity”. BGSL tahun ini dilaksanakan dengan menitikberatkan pada pengenalan biodiversitas yang ada di Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY yaitu pengenalan BSO KS dan Inisiasi serta KPB Bionic. BSO, KS, dan Inisiasi serta KPB Bionic yang ada di Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY meliputi Biology Studien Gruppen, Arwana, Kelompok Studi Odonata, KS Herbiforus, Molecular and Microbiology Study Club, dan KPB Bionic.

BGSL 2018 ini dibuka secara langsung oleh Ketua Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY, Dr. Paidi, M.Si yang selanjutnya setiap acara dipimpin oleh Aditia Pramudia Sunandar selaku Ketua Panitia BGSL 2018. “BGSL haruslah menjadi awal bagi mahasiswa baru untuk mengenal lingkup biologi yang lebih luas di dunia perkuliahan, mengenal akan penelitian, dan bidang – bidang kajian yang ada di Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY.”, ungkap Ketua Panitia BGSL 2018. BGSL yang merupakan kegiatan perkenalan kepada mahasiswa baru menjadi kegiatan yang ditunggu – tunggu karena memiliki cakupan yang luas serta bersifat akademis.

BGSL 2018 dilaksanakan dalam beberapa rangkaian hingga menuju puncak pada tanggal 15 – 16 September 2018 dan diikuti oleh 185 mahasiswa baru dan 77 orang panitia dari mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY. Adapun rangkaian dari acara BGSL pada tahun ini yaitu dilaksanakannya Kumpul Perdana Mahasiswa Baru Jurusan Pendidikan Biologi 2018 pada tanggal 20 Agustus 2018, kemudian dilanjut dengan Biodiversity Show pada tanggal 21 Agustus 2018, TM SL Biologi Dasar pada tanggal 30 Agustus 2018, dan Apikal BGSL yang merupakan puncak dari rangkaian acara pada tanggal 15 – 16 September 2018. Kegiatan BGSL 2018 dibagi menjadi beberapa rangkaian bertujuan untuk memberikan fokus ke pada kegiatan itu sendiri sehingga memberikan pemahaman yang lebih spesifik.

Kumpul Perdana Mahasiswa Baru bertujuan untuk mengenalkan laboratorium yang ada di lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam khususnya biologi. Biodiversity Show bertujuan untuk memperkenalkan biodiversitas yang ada di Jurusan Pendidikan Biologi dari BSO, KS, Inisiasi, dan KPB Bionic. Kemudian TM SL Biologi Dasar bertujuan untuk memberikan pemahaman berkaitan dengan metode pengambilan data dan persiapan menuju BGSL yang didalamnya terdapat Studi Lapangan Biologi Dasar. Dan puncaknya yaitu Apikal BGSL menjadi waktu untuk studi lapangan memperkenalkan alam biologi kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini juga diisi dengan games, pentas seni, talkshow dengan alumni mahasiswa jurusan pendidikan biologi yang sudah mendapat beasiswa di Australia dan Polandia, serta dihari kedua diisi dengan materi pembangunan karakter oleh UKM Hancala dan outbond disekitar daerah Desa Wisata Tinalah.

Apikal BGSL 2018 menjadi acara puncak dari rangkaian acara BGSL lainnya sehingga menjadi acara yang ditunggu – tunggu oleh seluruh mahasiswa termasuk para alumni. Kedepannya melalui Apikal BGSL diharapkan banyak alumni yang kembali datang dan berbagi ilmu kepada mahasiswa baru. Melalui Apikal BGSL juga diharapkan dapat merekatkan silaturahmi antara mahasiswa baru, panitia, pengurus HIMABIO FMIPA UNY, Mahasiswa pengurus BSO KS, dan seluruh Alumni Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY.

Print Friendly, PDF & Email

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 5 =


28 − 19 =