BSO Biospeleology Studien Gruppen

 

BSG (Biospeleology Studien Gruppen) adalah Kelompok Studi Biospeleologi Biologi UNY yang dideklarasikan pada tanggal 29 November 2007 di Gua semuluh Semanu Gunung Kidul. Pada Desember 2009 kelompok ini resmi bernaung dibawah HIMABIO FMIPA UNY dengan status Badan Semi Otonom (BSO). Sebelum menjadi BSO BSG dikenal dengan nama BSG Yogyakarta.

BSO BSG bergerak dalam bidang Biospeleologi atau ilmu keguaan. Latar belakang adanya organisasi ini adalah di Indonesia ilmu biospeleologi masih sangat muda. Baru sekitar 2 dekade terakhir ilmu ini masuk di negara kita sehingga masih sangat minim ahli Biospeleologi di Indonesia. Hal ini menjadi peluang besar bagi mahasiswa Biologi untuk menjadi seorang Biospeleologist. Di samping itu, di jurusan Pendidikan Biologi perlu ditingkatan iklim ilmiahnya dengan adanya kelompok studi ini sehingga dapat mengakomodasi pengembangan kemampuan riset lapangan yang belum banyak diperoleh dari bangku kuliah.

Angkatan pendiri BSG berjumlah 23 orang yang seluruhnya berasal dari prodi Biologi UNY angkatan 2006

Kegiatan ilmiah yang menjadi agenda di BSG:

  1. Eksplorasi Kawasan Karst di Indonesia, khususnya DIY
  2. Fun caving dengan mahasiswa jurdik biologi
  3. Bedah ilmu berbagai kajian Keguaan
  4. Pengiriman PKM dalam rangka mengembangkan penelitian

BIDANG KAJIAN BSG

BSG merupakan kelompok studi yang berfokus pada biota gua dan ekosistemnya. Terdapat empat bidang kajian di BSG, yaitu :

  1. Chiroptera (Kelelawar)
  2. Arthropoda
  3. Mikrobiologi
  4. Eksokarst

 

ALUR PEREKRUTAN ANGGOTA BARU

Mahasiswa yang ingin menjadi anggota BSG wajib mengikuti Roosting. Jika ingin mendapatkan nomor anggota terdapat beberapa kegiatan yang wajib diikuti yaitu :

Print Friendly, PDF & Email