Dr. Mahani Mokhtar dari University of Technology Malaysia sedang memberikan materi

Rabu, 13 februari 2019 telah terselenggarakan Stadium General di ruang seminar  FMIPA UNY . Acara tersebut dibersamai oleh pembicara yang luar biasa yaitu Dr. Mahani Mokhtar dari University of  Technology Malaysia. Beliau sebagai Director Educational Foundation & Social Science, Faculty of School Science & Humanity. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi semua jurusan di FMIPA UNY, baik prodi pendidikan maupun non pendidikan. Materi yang dibawakan berjudul Phenomenological Inquairy in Educational Studies.

Dalam materi ini dijelaskan tentang phenomenalityyang merupakan salah satu proses pendekatan kualitatif. Sedangkan Phenomenological study menjelaskan arti dari beberapa pengalaman pribadi seseorang mengenai konsep dari PhenomennPhenomenological fokus menjelaskan apa yang dimiliki partisipan ketika mengalami phenomenon. Terdapat tiga proses dalam pendekatan pendidikan yaitu yang pertama adalah kuantitatif, kedua kualitatif, dan yang ketiga adalah campuran. Pengalaman,situasi, ekspektasi, membuat diri kita memiliki cerita sendiri. Saat sedang research kita akan mendapatkan banyak jawaban sehingga bersifat kualitatif.

Pada Stadium General tersebut juga menjelaskan tentang data collections forms, yang diantaranya terdapat using primarily interviews with individual document analysis, and observation. Yang kedua data analysis strategis diantaranya analyzing data for Significant statement, meaning units, textual and structural. Selain itu juga adanya research partisipants  (those who experience the phenomenon) and challengs sehingga tidak adanya orang yang akan menjadi partisipan. Dan di akhir sesi semua peserta melakukan diskusi mengenai tema tersebut.

Dalam adanya kegiatan ini, diharapkan dapat mendapatkan ilmu pengetahuan dan membuka wawasan mahasiswa khususnya untuk prodi pendidikan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Print Friendly, PDF & Email