KPB BIONIC UNY

Apa itu KPB BIONIC UNY?

Kelompok Pengamat Burung BIONIC Universitas Negeri Yogyakarta (KPB BIONIC UNY) merupakan sebuah kelompok studi yang mengkhususkan diri dalam mempelajari segala sesuatu tentang burung. Apasaja yang kital akukan? Pengamatan burung, riset ornitologi, kampanye pelestarian burung dan pendidikan lingkungan melalui kegiatan pengamatan burung di alam. Berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan status sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas MIPA (UKMF-MIPA).

  1. Sejarah Berdiri

Pada 2003 pengamatan burung mulai dikenal di kalangan mahasiswa Biologi UNY. Kemudian sampai pada tahun 2004 keinginan awal muncul dari 3 orang mahasiswa  kelas Biologi Non Reguler Angkatan 2001, yaitu Imam Taufiqurrahman, Anis Utomo dan Ahmad Fahrudin untuk memiliki wadah dalam kegiatan pengamatan burung. Adanya kegiatan penelitian tentang keanekaragaman burung di kampus UNY kemudian memunculkan BIONIC sebagai komunitas dengan anggota perintis sebanyak 7 orang, yaitu Abdul Latip dari kelas Pendidikan Biologi Reguler Angkatan 2002, Dwi Aji Sudjatmiko dan Surya Purnama dari kelas Biologi Reguler Angkatan 2003, Anis Utomo, Ahmad Fahrudin dan Imam Taufiqurrahman dari kelas Biologi Non Reguler Angkatan 2001, dan Siti Fatimah yang merupakan mahasiswa Jurusan Teknik Elektro FT UNY Angkatan 2000. Dorongan, support dan semangat dari dosen Biologi (Pak Yuni Wibowo) dan Yayasan Kutilang membuat komunitas BIONIC mulai menata diri untuk menjadi organisasi resmi

Puncaknya pada 25 Desember 2004, BIONIC diresmikan menjadi BSO HIMABIO melalui SU HIMABIO. Tanggal ini kemudian dijadikan sebagai tanggal resmi berdirinya BIONIC.

Pada tahun pertama berjalan, BIONIC diketuai oleh A. Fahrudin dengan misi awal memperkenalkan BIONIC, baik di dalam kampus maupun di luar kampus. Sepak terjang, keaktifan dan prestasi-prestasi BIONIC dalam dunia perburungan pada tahun pertama berdirinya, membuat BIONIC diperhitungkan di komunitas pengamat burung.

Padaawalberdirinya nama BIONIC merupakanakronimdari “Biologi Uny Ornithologi  Club”.  Keinginan BIONIC yang ingin terus eksis dalam dunia perburungan yang ingin melibatkan semua kalangan dalam kegiatan-kegiatannya, sehingga mulai tahun 2010 BIONIC bukan lagi sebuah akronim melainkan menjadi sebuah nama. Komunitas ini kemudian memiliki nama KPB BIONIC UNY.

Sewindu sudah berlalu, pada akhir tahun 2012 BIONIC mengadakan acara “Sewindu Layang-Layang Api” dengan tema “Delapan Tahun Berkarya, Bercerita, dan Mengudara” sebagai perayaan ulang-tahun yang ke delapan. Dr. Hartono, Dekan FMIPA, tertarik dengan acara tersebu tdanmenawarkan KPB BIONIC UNY menjadi UKMF-MIPA. Sejak tahun 2013, KPB BIONIC UNY telah resmi menjadi satu keluarga baru di kalangan Ormawa MIPA menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa Tingkat Fakultas MIPA.

  1. Visi & Misi

Visi sekaligus Jargo adalah “Kepedulian di hari ini, Kelestarian di masa depan”

Misi

  1. Meningkatkan kepedulian mahasiswa dan masyarakat umum terhadap kelestarian burung di alam dengan pengamatan, penelitian, serta upaya lain yang mendukung.
  2. Melakukan upaya konservasi burung dan habitatnya.

Lambang

 

 

 

Arti lambang :

Bentuk dasar lingkaran melambangkan gerak organisasi yang dinamis dan sifat keakraban antar anggota dan organisasi lain. Gambar Hirundorustica melambangkan semangat untuk mengembara, menyebar secara luas, dikenal, dan diakui di seluruh dunia. Tulisan KELOMPOK PENGAMAT BURUNG yang melingkari burung melambangkan arah gerak yang mantap, focus dan terarah di dunia ornitologi. Warna hitam pada burung yang berkesan siluet melambangkan misteri ilmu pengetahuan tentang burung yang ingin terus digali dan diungkap. Warna putih pada bagian depan burung melambangkan organisasi yang mempunyai ciri khas tersendiri dan menjadi media dalam mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Tulisan BIONIC UNY di depan gambar Hirundorustica melambangkan keinginan organisasi untuk terus maju dan berkembang.

Struktur Organisasi

  • Ketua
  • Sekretaris
  • Bendahara
  • Operasional
  • Media
  • Pemberdayaan Anggiota
  • Kerumah Tanggaan
  • Humas

 

Bidang Operasional dalam hal ini merupakan ujung tombak dalam kegiatan BIONIC, terkait dengan kegiatan pengamatan dan penelitian. Sedang Bidang Pemberdayaan Anggota mengenai pengasahan dan pengembangan skill anggota, mulai dari tingkat dasar sampai tingkat lanjut. Peningkatan bird list anggota, penambahan “jam keker” dan kunjunganke “daerah-daerah baru” melalui pengamatan rutin dan juga pelatihan-pelatihan, juga merupakan tanggung jawab kedua bidang- bidang ini.

Arah Haluan Organisasi

  1. KPB BIONIC UNY adalah organisasi yang keanggotaannya terbuka untuk seluruh Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Bergerak dibidang ilmu perburungan (Ornitologi) serta kegiatan lain yang mendukung.
  3. Merupakan organisasi kegiatan alam terbuka yang berlandaskan hobi, mengarah kekegiatan ilmiah, dan bermuara pada aspek konservasi lingkungan terutama satwa burung.

Keanggotaan

  1. Anggota aktif adalah mahasiswa UNY yang telah mengikuti mekanisme perekruta nanggota dalam Gelar Pelantikan dan masih terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Anggota alumni adalah anggota yang telah menyelesaikan studi atau tidak lagi tercatat sebagai mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.

MORE INFORMATION : http://bionicuny.blogspot.co.id/

Print Friendly, PDF & Email