SEMINAR NASIONAL BIOLOGI 2018

1. Tema

Biokonservasi : Peran dan Pembelajaran Biologi  dalam Pemanfaatan Biodiversitas Indonesia di Era Keterbukaan dan Pengetahuan

 2. Sub Tema

  1. Biodiversitas
  2. Konservasi
  3. Ilmu Lingkungan
  4. Genetika
  5. Pendidikan Lingkungan Hidup
  6. Teknologi Pendidikan

 3. Call Of Paper

Biodiversitas Indonesia telah mengalami perubahan sejak adanya peradaban manusia. Faktor utama penyebab perubahan itu meliputi perburuan dan pertumbuhan populasi manusia. Biodiversitas punah itu akan semakin langka bila usaha-usaha konservasi tidak segera dilaksanakan. Indonesia termasuk Negara yang memiliki infrastruktur bidang hukum yang memadai untuk mendukung perlindungan alam. Konsep biokonservasi adalah memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) dan menggali potensinya secara berkelanjutan tanpa harus melakukan perusakan atau eksploitasi berlebihan. Sampai dengan bulan Maret 1998, Indonesia telah memiliki 375 kawasan konservasi termasuk 30 taman nasional. Kawasan  konservasi di Inonesia termasuk yang sangat lengkap di Asia, karena mencakup taman nasional, suaka margasatwa, cagar alam, dan taman buru, hutan lindung dan hutan wisata. Ditambah di era digital pada abad ini akan mempermudah kita dalam mengakses berbagai pengetahuan dan informasi mengenai konsep biodiversitas maupun biokonservasi. Hal ini dapat membantu kita dalam menemukan cara efektif dalam menjaga keutuhan dari biodiversitas di Indonesia.

Untuk itu dalam rangka menghimpun serta membagi berbagai pemikiran juga hasil penelitian yang relevan dengan konsep biodiversitas, biokonservasi dan era keterbukaan teknologi dan pengetahuan, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta mengundang para peneliti, pendidik, pemerhati dan praktisi biologi untuk mengikuti Seminar Nasional Biologi dengan tema “Biokonservasi : Peran dan Pembelajaran Biologi dalam Pemanfaatan Biodiversitas Indonesia di Era Keterbukaan Informasi dan Pengetahuan”.

  

 4. Pembicara

  1. Isroi M.Si

Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia

Bidang Keahlian di Bioteknologi Pertanian

 

  1. Didik Widyatmoko M.Sc.

Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya (Dalam Konfirmasi)

 

  1. Slamet Suyanto, M.Ed

Universitas Negeri Yogyakarta

 

  1. Biaya Pendaftaran

 

  Pemakalah Non Pemakalah
Umun/peneliti/dosen/praktisi Rp. 300.000 Rp. 200.000
Mahasiswa S2 dan S3 Rp. 200.000 Rp. 100.000
Guru Rp. 200.000 Rp. 100.000
Mahasiswa S1 Rp. 150.000 Rp. 80.000

 Kontak Informasi

sembiouny@uny.ac.id
novitapras26@gmail.com

Cp: 087739705179 (Dwi Apriliani)

 

Print Friendly, PDF & Email